PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA SMA NEGERI 5 MAROS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Negeri 5 Maros. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, Instrument penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 nomor, lembar observasi keterampilan generik sains sebanyak 9 nomor yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 25 yang diajar dengan metode pembelajaran praktikum pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 86.06 dan standar deviasi 6.131 sedangkan pada kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang nilai rata-rata 81.63 dan standar deviasi 8.092. Hasil analisis menggunakan SPSS Versi 25 uji t diperoleh nilai sig sebesar 0.012 < 0.025 maka dapat disimpulkan bahwa analisis hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan praktikum terhadap keterampilan generik sains siswa SMA Negeri 5 Maros pada materi sistem pernapasan manusia
References
Citra M, R. dkk, (2019). Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik, Volume 7, Nomor 6. http://repository.lppm.unila.ac.id/19931/
Departemen Agama Republik Indonesia, (2016). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Pesantren Darul Istiqamah. Cetakan Ke 3, Nomor 05.
Irmaningtiyas. (2014). Biologi Untuk Sma/Ma Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Murti, W & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students' Motivation And Learning Outcomes, Jurnal Lentera, 24 (2), 255-263. Doi: https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8.
Mustakim, I. (2016). “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (2): 175-186. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Nurjannah, F. (2014). Analisis Kemampuan Generik Siswa Melalui Kegiatan Praktikum Darwis, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Fitrah Keilmuan, Volume 03, (2): 337-345. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25017
Fotturat. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pratiwi, D. M. D. dkk. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Metode Ceramah dan Praktikum Pada Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sebalor Kediri. Skripsi. Kediri: Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Rohim. dkk, (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Unnes Physics Education, 1, (1): 6-9. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.775
Rustaman, A. (2005). Pengambangan Kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai) melalui kegiatan praktikum. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI Bandung.
Rustaman, N. Y, dkk. (2007). Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Rustaman (2011). Metode Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Siswa Kelas X di SMK Negeri 11 Cimahi). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Saptorini. (2018). Peningkatan Keterampilan Generik Sains Siswa Melalui Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2 (1): 190-198. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/775
Sugiono, (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Jurnal bio education, 2, (2),: 49-57. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.759
Tim Penulis Kemendikbud. (2017). Ilmu pengetahuan alam edisi revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3