PENGARUH KELUARGA PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA MATARU TIMUR MENGGUNAKAN METODE CHI-KUADRAT
Abstract
Program Keluarga Harapan (PKH) dalam bidang pendidikan berupaya memotivasi keluarga bisa mendaftarkan anak-anaknya ke sekolah dan mendorong anak-anak mereka untuk meningkatkan kehadiran dalam proses pembelajaran. Sebagian besar masyarakat dan guru di desa Mataru Timur beranggapan bahwa anak – anak yang berasal dari keluarga penerima PKH lebih baik dari anak – anak yang lain jika ditinjau dari prestasi akademik siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keluarga penerima PKH terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di desa Mataru Timur menggunakan metode Chi-Kuadrat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Keluarga Penerima PKH ternyata tidak berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Mataru Timur.